Lifestyle

7 Tips Tidur Cepat, Nyenyak, Berkualitas

Seringkali kita menghadapi permasalahan susah tidur di malam hari. Padahal, tidur yang cukup akan membantu untuk menjalankan aktivitas dengan baik pada keesokan harinya. Lantas, bagaimana tips tidur cepat, nyenyak, dan berkualitas?

Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 30% dari populasi dunia menderita gangguan tidur. Wah, ternyata banyak orang yang mengalami masalah serupa! Tentunya, tips cepat tidur ini akan sangat bermanfaat bagi kamu yang susah tidur.

Berikut ini tips tidur cepat, nyenyak, dan berkualitas. Kualitas tips tidak ditentukan oleh urutan langkah, cobalah untuk menerapkannya sesuai dengan kemampuan kamu sendiri, ya!

Tips Tidur Cepat

1. Menjaga Rutinitas Tidur secara Konsisten

Jika ingin kualitas tidur baik, maka kamu harus menentukan jam tidur yang tetap dan tepat setiap malamnya. Jam tidur yang tetap akan menjadi alarm bagi tubuhmu.

Jika kamu terbiasa terjaga di malam hari sejak dini, maka akan sulit untuk membiasakan tidur cepat. Maka dari itu, cobalah untuk mengatur jam tidur yang sesuai dengan kebutuhan tubuh secara normal.

Selain itu, hindari terlalu banyak tidur siang. Terlalu banyak tidur siang akan mengurangi rasa kantuk pada malam hari.

Padahal, fungsi tidur siang sebenarnya hanya mengistirahatkan tubuh sejenak. Bukan berarti kebablasan tidur hingga berjam-jam.

2. Ciptakan Suasana Tidur yang Nyaman

Tubuh akan mudah beristirahat jika lingkungan kondusif. Jaga kebersihan dan kenyamanan menjelang tidur.

Rasa kenyamanan pada setiap orang tentu berbeda-beda. Maka dari itu, hadirkan rasa nyaman itu as soon as possible.

Selain itu, atur pencahayaan sebelum tidur. Tidur dengan lampu menyala akan membuatmu sulit untuk menjaga kualitas tidur.

Usahakan tidur dengan kondisi kamar yang tidak terang, atau mungkin lampu mati. Hal tersebut akan membantu kamu tidur cepat, nyenyak, dan berkualitas.

3. Relaksasi Sebelum Tidur

Tips tidur cepat, nyenyak, dan berkualitas selanjutnya yakni melakukan relaksasi. Lakukan teknik pernafasan, meditasi atau yoga untuk membantu kamu cepat tidur!

Adanya aktivitas fisik (yoga ataupun meditasi) akan membuat tubuhmu merasa nyaman. Hal tersebut akan membantumu tidur dengan cepat.

Selain itu, kamu bisa menggunakan aromaterapi untuk merelaksasi tubuh. Bisa juga menggunakan musik pengantar tidur agar tubuh semakin rileks.

4. Pola Makan yang Sehat

Pola makan yang sehat dan tepat akan membantu kamu cepat tidur dan meningkatkan kualitas tidur.

Hindari makan berat atau bahkan minum kafein sebelum tidur. Tubuh perlu waktu berjam-jam untuk mencerna makanan tersebut.

Oleh dari itu, jika kamu makan berat sebelum tidur, maka akan sulit untuk mengistirahatkan tubuh dalam keadaan mencerna makanan.

Kamu bisa mengonsumsi makanan ringan yang mengandung triptofan. Selain itu, pastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

5. Kurangi Penggunaan Gawai

Sebelum tidur, hindari penggunaan gawai atau Hp. Selain itu jauhkan gawai dari tempat tidur.

Hal tersebut akan membuat kamu terus terjaga sepanjang malam. Gawai memberikan pengaruh buruk bagi tubuh karena adanya radiasi yang memengaruhi kualitas tidur.

BACA JUGA: Bahaya Ngecas HP Saat Tidur, Jangan Sampai Kena Semprot Bro!

6. Manajemen Pola Pikir

Tips cepat tidur selanjutnya yakni mengatur pola pikir. Siapa yang sering ovethingking sebelum tidur?

Cobalah mengatur manajemen stress dengan melakukan jurnal harian. Menulis jurnal harian akan membantu meluapkan perasaaan. Itu sangat membantu mengurangi tingkat stress.

Berkurangnya tingkat stress akan mengurangi overthingking-mu. Belajarlah untuk menghilangkan pemikiran yang mengganggu sebelum tidur.

Tubuh butuh istrahat untuk menghadapi overthingking esok harinya. Setidaknya biarkan tubuhmu mendapatkan haknya!

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Stres Pikiran: Tips untuk Menciptakan Ketenangan Mental

7. Aktivitas Fisik Secara Teratur

Berolahraga dengan teratur dan menjaga aktivitas harian yang membuat tubuh mengeluarkan keringat akan membantu kamu menjaga kualitas tidur.

Tentunya jangan berlebihan, ya! Lakukan seperti biasa secara konsisten!

Selain itu, hindari konsumsi alkohol dan rokok. Hal tersebut akan mengganggu kualitas tidur.

Itulah 7 tips cara tidur cepat, nyenyak, dan berkualitas. Dari ketujuh poin di atas, mana yang sudah kamu terapkan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *