Technology

Waspada Penipuan Online Dengan WA, Begini Modusnya dan Cara Kerjanya!

Perkembangan teknologi digital memang semakin maju pesat. Walaupun teknologi sudah sangat maju, tentunya masih banyak orang yang belum begitu mengerti bagaimana teknologi terbaru bekerja. Ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan kasus penipuan online via WA.

Perlu Anda ketahui bahwa baru-baru ini muncul penipuan online berupa pesan WA (WhatsApp) yang mengirimkan pesan dengan isi sebagai berikut:

Aplikasi Undangan Pernikahan Digital;
Paket foto.Apk;
Sertifikat Transfer.Apk;
Tagihan Online.Apk;
Link Lowongan Apk;
bersarang Apk.

Anda harus berhati-hati dengan daftar ini karena merupakan file aplikasi pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab dan sangat berbahaya untuk dipasang di ponsel Anda. Penipuan online via WA ini membutuhkan banyak pengorbanan dengan biaya yang tidak sedikit. Agar tidak menjadi korban selanjutnya, simak ulasan berikut ini tentang mode, cara kerja, dan solusi penipuan aplikasi WhatsApp, ya!

1. Ruang karena berbagai alasan

Semakin banyak orang menyukai sesuatu yang sederhana dan praktis. Penjahat menggunakan faktor ini untuk menipu korban. Syaratnya, penjahat mengirim pesan WhatsApp yang sama dengan salah satu titik pada gambar di atas. Meskipun nama aplikasinya tidak terlihat mencurigakan, penipuan online via WA ini sebenarnya berdampak besar pada smartphone yang sudah menginstalnya.

Misalnya, Anda menerima pesan dari nomor asing yang bertuliskan “paket foto.Apk” dan mengaku sebagai kurir yang akan memeriksa alamat atau melacak lokasi setelah membuka dan memasang paket. Hati-hati, Anda harus berhati-hati jika Anda menerima pesan karena ini, bahkan jika Anda benar-benar mengharapkan paket. Ada baiknya mengecek status pengiriman dengan aplikasi belanja yang Anda gunakan. Jangan mendownload file dari nomor yang tidak dikenal agar tidak mudah tertipu, ya!

2. Penipuan online: cara kerja dan fitur-fiturnya

Bagaimana aplikasi yang membengkak melakukan tugasnya secara umum adalah tampilan aplikasi. Namun setelah aplikasi terinstal, Anda akan diminta untuk mengizinkan akses ke semua informasi seluler seperti izin untuk menggunakan pesan, telepon, dan kata sandi. Setelah berhasil, penjahat akan segera mencuri semua data seluler Anda, termasuk data perbankan seluler, dan kemudian mengontrolnya dari jarak jauh.

Untuk mengetahui penipuan online via WA ini dengan cepat, ponsel memiliki beberapa fitur yang telah diserang oleh aplikasi malware ini. Pertama, ponsel cepat panas meski layar mati atau standby. Kemudian baterai HP juga cepat habis dari waktu pemakaian normal. Terakhir, ponsel terkesan sangat lemot meski memiliki kapasitas memori yang masih menyisakan banyak ruang.

3. Solusi dan tips

Jika Anda sudah menginstal salah satu aplikasi ini dan belum memberikan izin, seharusnya tidak terlalu berbahaya. Yang harus Anda lakukan adalah menghapusnya sekarang. Namun bagi yang sudah memberikan akses sebaiknya segera lakukan factory reset atau reset pabrik. Kemudian segera lakukan konfirmasi di pihak bank jika Anda pengguna layanan mobile banking bank tersebut, agar dapat segera dilakukan pemblokiran rekening, dll.

Untuk menghindari penipuan online via WA, jangan mengunduh aplikasi WhatsApp, SMS atau pesan email. Pastikan Anda selalu mengunduh aplikasi dari sumber resmi seperti App Store dan Play Store. Aktifkan notifikasi, cek history dan ganti password secara berkala agar akun atau mobile bank Anda selalu terotentikasi. Terakhir, selalu berusaha menghindari jaringan publik untuk transaksi keuangan apa pun.

Anda harus mengetahui pesan apa pun dengan akhiran “Apk” dari nomor asing karena kemungkinan besar itu adalah penipuan baru yang menargetkan perusahaan lain. Sebarkan informasi ini kepada keluarga dan rekan terdekat agar tidak ada lagi korban. Jika Anda tidak yakin tentang sesuatu dan tidak memahami aplikasinya, lebih baik meminta orang terdekat untuk melindungi data Anda dari pencurian atau kejahatan lainnya. Tetap waspada dan jangan lengah, oke?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *